-->

Penyuluhan PHBS

Post a Comment
Saat di SMP 1 Pamulang kemarin, kami mendapat tugas melakukan penyuluhan PHBS. Karena tidak ada persiapan sebelumnya, aku nekad mengajukan diri dan meminta Harry ikut serta. Dengan modal bahan dari Piti, kami presentasi.

Sebenarnya, aku merasa sedikit janggal dengan materi yang aku sampaikan, di mana sasarannya adalah anak sekolah, namun materinya mencakup melahirkan dibantu bidan, memberikan ASI ekslusif, dll. Tapi karena aku tidak punya ide untuk menyampaikan apa lagi, maka tetap aku sampaikan.

Pagi ini aku iseng bertanya pada temanku anak kesmas tentang PHBS. Kata Kaha, memang ada kriterianya, kalau ngga salah ada sepuluh. Aku mulai ragu dengan apa yang aku sampaikan kemarin. Aku putuskan untuk membuka internet dari Hpku.

Hasilnya, ada Pedoman PHBS bagi Petugas Kesehatan yang berisi 20 Butir Kaidah Hidup Sehat Menuju Indonesia Sehat 2010. Materi ini aku dapatkan dari web Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Dari web Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, ternyata ada Pengembangan PHBS di 5 Tatanan, yaitu :

1. PHBS di Rumah Tangga
2. PHBS di sekolah
3. PHBS di tempat-tempat umum
4. PHBS di tempat kerja
5. PHBS di institusi kesehatan

Setelah aku membaca materinya, ternyata PHBS yang aku sampaikan kemarin adalah PHBS di rumah tangga, semestinya aku menyampaikan PHBS di sekolah. Aku jadi malu sendiri mengetahuinya. Kenapa tidak dari kemarin aku searching di Hpku. Tapi kata Harry yang penting kami menyampaikan sesuatu yang berguna untuk mereka.
Newer Oldest

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment