Hukum Islam Mengenai Makan Berlebihan

Hukum Islam Mengenai Makan Makanan Berlebihan.

1. “ Tak ada wadah yang lebih buruk yang dipenuhi oleh seseorang manusia selain perutnya. Dia sebenarnya hanya membutuhkan beberapa suap untuk menopang hidupnya. Karena itu, perut perlu dibagi menjadi tiga bagian; sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk udara.” (HR. Tarmidzi, Ibnu Majah, Hakim dan Ibnu Hibban).
Penjelasan : Makan hingga kenyang dapat memperlemah kekuatan tubuh. Tubuh akan menjadi kuat jika memperoleh nutrisi yang dibutuhkan, bukan dari banyaknya makanan yang dimakan. Sebagian besar penyakit terjadi karena konsumsi makanan yang berlebihan atau melebihi kebutuhan tubuh.

2. Wahai anak adam (manusia) ambilah pakaianmu ketika hendak memasuki masjid (sholat), makan dan minumlah dan jangan engkau berlebih-lebihan, karena Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS al-A’raf : 31)
Penjelasan : Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada umat manusia untuk memanfaatkan rizki yang Allah telah anugerahkan kepadanya, salah satunya dengan makan dan minum, dan semua yang telah Allah halalkan untuk manusia tanpa berlebih-lebihan.

3. Makanlah di antara rizqi yang baik yang telah kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.” (QS. 20:81)
Penjelasan : Dalam ilmu kesehatan, makan dan minum merupakan kebutuhan dalam pemenuhan nutrisi sebagai penunjang hidup, yang jumlah dan macamnya harus sesuai dengan keperluan tubuh, tidak boleh kekurangan dan tidak boleh berlebihan. Yang bila kekurangan atau berlebihan akan menggangu kesehatan tubuh.

Hukum Islam Mengenai Makan Makanan Berlebihan
4.    "...Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. "(Al An'am: 141)
Penjelasan : Dalam ayat ini disebutkan bahwa Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan sehingga makan makanan berlebihan dilarang oleh Allah SWT.

Komentar

Posting Komentar

Poskan komentar kamu ya