-->

Interaksi obat antiretrovirus dengan makanan

Post a Comment
Beberapa obat antiretroviral (ARV), mempunyai aturan makan, dan harus diminum bersama dengan makan, atau dengan perut kosong. Aturan makan ini ditentukan karena faktor yang mempengaruhi penyerapan obat tersebut dalam perut. Ada dua faktor utama yang mempengaruhi penyerapan dan oleh karena itu membutuhkan aturan makan.

Faktor pertama yang mempengaruhi penyerapan beberapa obat adalah tingkat lemak dalam makanan. Keberadaan lemak dapat meningkatkan penyerapan beberapa obat, misalnya nelfinavir, saquinavir atau lopinavir. Oleh karena ini, obat tersebut sebaiknya diminum bersama dengan makan supaya lemak dari makanan dapat meningkatkan penyerapan. Hal ini meningkatkan jumlah obat yang masuk ke aliran darah. Lemak juga meningkatkan penyerapan efavirenz dengan akibat efek samping dapat meningkat; oleh karena itu, diusulkan efavirenz diminum dengan perut kosong atau dengan makanan rendah lemak.

Faktor kedua yang mempengaruhi penyerapan beberapa obat adalah tingkat asam/basa dalam perut, yang diukur dengan pH. Beberapa obat diserap lebih baik bila lingkungan perut lebih asam (pH rendah) dan yang lain diserap lebih baik dengan lingkungan perut lebih basa (pH tinggi). Tingkat pH turun (menjadi lebih asam) waktu makan; jadi obat yang membutuhkan pH rendah sebaiknya dipakai dengan makan. Hal ini berlaku untuk beberapa protease inhibitor, misalnya atazanavir.

Sakuinavir
Diberikan bersama dengan makanan atau sampai dengan dua jam setelah makan lengkap
Ritonavir
Per oral bersama dengan makanan.
Indinavir
Dimakan dalam keadaan perut kosong, ditambah dengan hidrasi (sedikitnya 1,5 L air per hari).
Nelfinavir
Per oral bersama dengan makanan
Amprenavir
Diberikan bersama atau tanpa makanan, tapi tidak boleh bersama dengan makanan.
Lopinavir
Diberikan bersamaan dengan makanan
Atazanavir
Diberikan bersama dengan makanan.

Sumber :
Farmakologi dan Terapi. Ed.5. Departemen Farmakologi dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2007. Hal.651 – 656.
http://health.groups.yahoo.com/group/wartaaids/message/959

Related Posts

Post a Comment